Belajar dari Keramaian

DSC_0641

Banyak orang lebih menyukai keheningan daripada keramaian. Dari 20 teman yang saya tanyai,15 diantaranya lebih meyukai di tempat yang hening daripada berada di tengah hiruk-pikuk orang yang lalu-lalang. Bagi saya secara pribadi, dalam keramaian ada berbagai hal yang dapat anda pelajari. Bila dalam kesunyian anda dapat merenungkan diri anda, maka dalam keramaianmu anda dapat belajar tentang kehidupan.

 

  1. Keramaian membuat anda menghargai mereka yang dulu ada bersama anda, pernah menemani anda di masa lampau. Pernahkan anda memiliki teman,sahabat, rekan kerja ataupun keluarga yang biasa menemani anda saat pergi hang out? Kadang yang mereka lakukan hanya duduk diam disamping anda sekedar untuk menemani anda yang sedang sibuk bekerja. Atau sebaliknya, kalian saling berbagi cerita. Saat mereka tidak lagi bersama anda, anda akan secara tiba-tiba mengingat tentang mereka saat pergi ke tempat-tempat tertentu. So,apprecciatelah kepada siapa anda berteman dan siapa yang selalu bersama anda. Mungkin pertemuan anda adalah pertemuan terakhir dengan mereka.Who knows?
  2. Keramaian membuat anda menghargai arti kesendirian. Beberapa teman yang saya kenal memiliki masalah dengan keramaian. Dari yang level cemas berada di keramaian hingga tidak bisa sendirian di tengah keramaian. Dan bila anda tidak memiliki rasa kecemasan ataupun ketakutan seperti itu, mengucap syukurlah dan berhenti mengeluh saat anda berada di tengah banyak orang. Hal terkonyol yang kadang dilakukan orang adalah saat mereka berada di tempat yang sunyi, mereka berharap dapat berada di tengah keramaian. Bahkan sebaliknya. Jadi,akan lebih menikmati momen dimana anda berada bersama banyak orang maupun hanya saat anda seorang diri.
  3. Keramaian mendorong diri anda untuk berpikir secara dinamis dengan pergerakan orang di sekeliling anda. Tentunya hal ini hanya berlaku untuk beberapa orang. Entah dengan cara bagaimana, anda akan lebih fokus dan tajam dalam pikiran untuk bekerja di depan lappie anda. I was found a man that had this abbility!
  4. Keramaian memberikan anda inspirasi yang bahkan tidak dapat anda dapatkan di tempat yang sunyi. Saya suka menulis saat berada di bandara. Lalu lalangnya orang, suara, semua mempengaruhi apa yang anda tulis. Entah itu puisi,tulisan,ide, ataupun hal-hal eksentrik yang terkait dengan pekerjaan atau apa yang sedang anda gumuli saat ini. Dan kerap kali apa yang saya dapatkan selalu diluar dari pemikiran saya sendiri. Bahkan disaat sendiri. Anda bisa mencobanya juga kok 🙂
  5. Keramaian memberikan saya pelajaran ekstra untuk berfokus dengan apa yang sedang saya lakukan. Jadi kalau anda gampang ter-distruck dengan hal yang ada di sekeliling anda, tidak salahnya untuk mencoba sekali seminggu berada di tempat keramaian dan mencoba mengerjakan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi. Bukannya mau nyari masalah, tapi cobalah melatih diri anda sendiri untuk melawan apa yang menjadi kelemahan diri anda.

So, itu dia lima hal yang saya pelajari tentang keramaian. Bagi teman-teman yang memiliki ketakutan untuk berada di tengah keramaian (apalagi tanpa ditemani), jangan pernah takut apalagi merasa cemas. Bila keheningan dapat memberikan anda pelajaran, maka keramaianpun dapat memberikan anda pelajaran kehidupan. Yang anda butuhkan hanyalah membuka diri anda untuk belajar dari hal tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s