Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner

Processed with VSCO with k1 preset
Taken by@jenikaray

Kita harus janji, kita akan kembali ke tanah ini dengan ilmu yang cukup.

Kata-kata itu yang tertanam kuat dalam ingatan saya ketika selesai membaca buku ini. Buku dengan berjumlah 281 halaman ini seperti buku yang mengembalikan semangat saya untuk terus belajar di tanah rantau. Buku karya Gina S. Noer yang berjudul Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner menceritakan kehidupan dari Rudy Habibie atau yang lebih kita kenal dengan B.J. Habibie.

Bagi para readers yang sudah nonton filmnya Habibie & Ainun, pasti deh akan merasa lebih lengkap juga dengan membaca buku ini.Saya suka banget buku ini karna ada berbagai foto dan catatan tentang kehidupan sang inspirator. Kata-katanya juga remarkable banget, bisa dijadikan pelajaran untuk para reader yang suka dengan buku-buku biografi, perjalanan atau yang bertemakan kehidupan. Dibandingkan dengan beberapa buku biografi yang pernah saya baca, buku ini tidak membuat saya bosan. gaya penulisannya juga apik, sehingga tidak yang baca juga tiddak merasa kaku untuk mengalir dalam buku tersebut.

Ada beberapa kalimat dalam buku ini yang aku suka banget dan akan saya sharekan beberapa untuk teman-teman dalam tulisan ini:

Namun, hidup terus berlanjut tak menunggu orang yang sedang ragu (Halm. 28)

Rasa khawatir orangtua itu layaknya hukum gravitasi di bumi. kekhawatiran itu adalah bentuk kewaspadaan yang terus ada agar kehidupan anak-anaknya dapat berjalan dengan baik, menjejak, nyata, dan bukan hanya dalam awang-awang (Halm. 30)

Baginya, ada yang lebih berani, nekat, dan gila dibandingkan Sang Visioner. Mereka adalah para pendamping hidup Sang Visioner. Mereka yang mau terus percaya dan bersama menantang dunia yang ragu pada cita-cita mereka. (Halm. 256)

Terdiri dari 3 babak, memberikan teman-teman untuk mendalami dan masuk lebih dalam dari kehidupan B.J. Habibie. Babak Pertama lebih menceritakan tentang masa kanak-kanak Rudy, Babak Kedua menceritakan tentang proses Rudy merantau sampai proses studinya di Jerman dan babak yang terakhir menceritakan tentang kehidupan Rudy bersama Ainun.

Bagi saya, semua orang hebat di dunia ini punya satu kesamaan: Mereka memiliki dan diperhadapkan dengan berbagai macam masalah. Yang membedakan mereka dengan orang biasa adalah satu: kemauan serta daya juang untuk bisa keluar menjadi juara dalam setiap permasalahan yang dihadapi. So, readers, kalau saat ini lagi hadapi banyak masalah.. ingat ini baik-baik: diri kita sendiri yang nentuin apakah kita mau jadi juara atau cuman jadi “biasa-biasa saja”.

Sikap Rudy yang melihat hinaan, permasalahan dan ejekan sebagai tantangan juga mengajarkan kita bahwa setiap hal yang buruk dapat berubah menjadi bahan bumbu penyemangat kita. Dalam buku ini teman-teman bisa lihat betapa seringnya Rudy diremehkan bahkan kadang dianggap hanya sebagai pemimpi. Namun, dengan konsistensinya Rudy bisa merubah hal itu menjadi decak kagum bahkan mengharumkan nama Indonesia.

Untuk point tentang jodoh (Waktu Rudy dan Ainun bertemu), saya percaya bahwa jodoh itu sudah diatur oleh Sang Kuasa. kadang merekaada di sekeliling kita namun dibutuhkan waktu dan proses untuk melihat bahwa mereka adalah jodoh kita.Hal yang saya suka dari Rudy adalah dia tetap fokus dan konsisten dengan apa yang dipercayakan kepadanya (studi dan organisasi). Jodoh akan datang. Bila teman-teman sudah siap untuk mempersilahkannya masuk dalam kehidupanmu.

Buku ini bisa teman-teman dapatkan secara hard paper maupun soft paper. Jeni sendiri belinya dari google bookstore, jadi bisa dibawa kemana-mana dan dibaca dengan berbagai posisi (walau kalau gadgetnya low batt yah pasrah aja :D).

Informasi tambahan, bagi teman-teman yang belum tahu tentang sosok penulis buku ini, bisa langsung intip web pribadinya di http://www.ginasnoer.com. Gina. S. Noer ini adalah penulis skenario untuk beberapa film layar lebar. Salah satunya adalah Perempuan Berkalung Sorban, Ayat-Ayat Cinta dan Habibie & Ainun. Mbak Gina juga adalah salah satu pendiri dari Wahana Cerita Indonesia (sindikasi penulis skenario dan pengembangan cerita). So, tidak salah kalau waktu teman-teman baca buku ini, kata-katanya “ngalir” banget.

Advertisements

God Is On Their Side

tumblr_mpyptoyaGU1rzadffo1_500

“Do not rejoice against me, O my enemy, for though I fall, I will rise again! When I sit in darkness, the Lord himself will be my Light.” (Micah 7:8)

Holy warriors for God never quit. Every warrior experiences setbacks and challenges, but the fact that God is on their side means that nothing on earth can hold them down. With God’s strength and support, you can become an unstoppable holy warrior who is victorious in every spiritual battle. That’s because when it comes to warriors, failure is never the final ending. God has guaranteed victory for those who live right in His name. Today, will you refuse to lose to the enemy? Will you rise up and reach a whole new level of abundant living? Live victoriously today; that’s what God has called you to do!

Sedari Dulu – Tompi Covered by Jeni Karay

Kali ini bukan tentang perjalanan, atau timelapse waktu di tempat pariwisata. Kali ini Jeni posting tentang cover lagu yang secara tidak sengaja dibuat, waktu lagi nongkrong di salah satu kafe di Salatiga. Emang benar sih kata pepatah. Apa yang tidak direncanakan selalu berjalan lebih seru.

Jangan lupa subcribe channel youtubenya yah.. Enjoy 🙂

 

All Things

image

We know that in all things God works for the good of those who love him, who have been called according to his purpose
Romans 8:28, NIV.

No matter what you may be facing, no matter what trial you may be going through, God has a plan to turn things around in your favor. He is working behind the scenes, and He is working for your good!
Are you a believer in Jesus? Do you love Him? Then you are called according to His purposes. Right now, He is orchestrating the right people to come across your path. Right now, He is orchestrating the right opportunities to open up to you. Right now, He is arranging things in your favor. You may not see it in the natural, but look with your eyes of faith today. Show your love for the Father by obeying His Word. Come before Him with an open and humble heart and trust that He is guiding you. Keep standing. Keep believing. Keep hoping. Keep declaring His Word and meditating on His goodness, knowing that He rewards the people who seek after Him!

Dear Future Me

CSC_0299-2

Dear Future Me, 

I hope that today you are the person you always set out to be. I hope you accomplished everything that they said you could never do. How many lives do you change in a day? Do you speak out for what is right, or sit there regretting your silence? I hope you are what I’m not. I hope you speak out with such a voice that everyone around you can hear it even when you aren’t speaking. I want you to have power in the way you speak- giving light into someone’s world filled with darkness. I hope you live as if you are the only one capable of making a difference, and embracing that ability in the best way possible. You don’t need to have your name written in the text of a history book, but you need to live to make your words give life to the ones who thought they didn’t deserve one. When you read this letter, I hope you are somewhere where all of you previous goals can be made accomplishments.

I hope you still remember your past, and pass on your story to those who need to hear it most- to show them that they are not alone. I hope you achieved that brighter, happier life you used to daydream about when you were younger. I hope all of your dreams became your reality, and I hope that eventually your nightmares dissolved into the depths of your past- never haunting you again. I hope that you one day took off the mask that hid the truth. That you broke down the barriers you built, and learned to trust someone- really trust them- somewhere along your journey. I hope that you look in the mirror with a small, true smile and be proud of what you see. I hope that you learned to break through the surface of the water drowning you- anxiety.

I hope that you now see the world from a whole new perspective, and learned to enjoy the sun more than the rain.. Most of all, I hope you learned to speak. To speak in such a voice that must be heard; a voice that embroiders your words onto a heart that needed them most. I hope you are happy, and teach ones who are like the old you to be happy as well. I hope that today you are the person you always set out to be.

Sincerely,
Your Past

 

Travel Alone

Aku suka kata-kata ini:

“Travel can be one of the most rewarding forms on introspection”

Aku lebih memilih menyebutnya private escape atau menyepi. Sesi introspeksi, mendiamkan semua pertanyaan dan amarah, memilah semuanya satu per satu dengan penuh kejujuran dengan diri anda sendiri. Menyepi bagi saya adalah saat dimana saya tidak membutuhkan siapapun menemani perjalanan ini.

Saya pribadi suka sekali dengan pantai dan senja. 2 hal yang paling bisa membuat saya nyaman dan bisa menjadi alat untuk menyaurkan berbagai hal yang saya pikirkan. Jadi, saya pun akan memilih tempat dimana 2 hal ini bisa diakkmodasi dengan maksimal. Satu hal lagi: saya suka tempat yang tidak begitu ramai dan memiliki ruang privasi yang luas sehingga saya bisa untuk merasakan sesi ini sebagai sesi untuk saya dan bukan untuk beramai-ramai ditengah kegaduhan kota.

PhotoGrid_1461597732934
My Travel Alone Session. Captured by Jeni Karay

Tujuannya sederhana: Bagaimana anda netral melihat kehidupan tanpa ada intervensi oleh orang-orang terdekat anda. Anda bisa memutuskan kemana saja anda ingin pergi, ataupun hanya menulis jurnal anda di kamar. Atau bisa memilih aktivitas seperti saya: menangis sesuka hati, tanpa harus menjaga wibawa didepan orang-orang yang dekat dengan saya. Bagi saya menyepi ini memberikan saya ruang untuk menahan diri, menyendiri untuk mencari apa sebenarnya apa sih yang ingin saya lakukan dalam hidup. Apakah orang-orang yang menyakiti saya layak untuk saya pertahankan dalam kehidupan ataukah ini saatnya untuk meninggalkan mereka dan melanjutkan perjalanan.

Menyepi mengajarkan saya untuk menyerahkan suatu titik kehidupan kepada waktu. Anda akan terpesona bagaimana waktu dapat mengendapkan suatu isu dan memunculkan apa sebenarnya yang terjadi. Tidak semua hal bisa diselesaikan dengan waktu yang berjalan karna waktu hanya menguraikan sebuah babak kehidupan. Yang memutuskan apakah babak itu mempengaruhi kita atau tidak, adalah keputusan diri kita sendiri. Maukah kita semakin melukai hati, atau sudah saatnya melihat titik masalah hanya sebagai pendewasaan untuk menggapai masa depan cerah yang membentang.

Percayalah. Anda akan terpesona bagaimana ketika anda pergi dan kemudian kembali, ada sudut pandang dalam diri anda yang berubah. Bukan menjadi suatu hal yang melelahkan hati, namun anda bisa menghadapinya dengan kepala dingin. Hal ini menghindari respon anda yang dapat melukai orang-orang disekeliling anda. Daripada berbicara dengan mengeluarkan kata-kata menyakitkan, sudah saatnya kita mulai berpikir bagaimana menghadapi setiap hal dengan cara yang elegan.

pergi Menyendiri membuat saya untuk melihat seberapa besar tenaga yang sudah saya keluarkan untuk sebuah hal atau masalah. Apakah sebegitu signifikannya kah untuk menguras tenaga saya? Apa langkah selanjutnya yang bisa saya lakukan bila hal ini kembali terjadi? Bagaimana sikap hati saya untuk merespon apa yang selanjutnya terjadi? Pertanyaan-pertanyaan ini hanya dapat anda pikirkan dengan matang ketika anda berdiri seorang diri. Bukan kata orang tua, gebetan, sahabat atau teman anda. Tapi apa yang diri anda sendiri inginkan.

Menyendiri adalah cara saya untuk mengembalikan tenaga saya. Setelah didera berbagai kejadian, hal yang mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan yang saya rencanakan, menyendiri memberikan saya pilihan untuk mengevaluasi berbagai hal.

Tidak selamanya menyendiri itu buruk. Kita butuh untuk berdiri seorang diri ditengah keramaian untuk memahami siapa sebenarnya diri kita sendiri. Apa sebenarnya yang diinginkan oleh hati kita.